Kader Desa Siaga, Bagaimana Nasibmu?

2 12 2007

pada tanggal 12 nopember yg lalu aku ditugaskan untuk melakukan sosialisasi di tiga lokasi puskesmas, yaitu puskesmas muara siau, muara jernih dan rantau panjang. banyak pengalaman menarik dr tugas aku sekali ini. maklum sudah 3 bulan di jogja aku ga pernah ikut-ikut kegiatan di kantor. apa lg menjadi pembicara walaupun ditingkat kecamatan. banyak pertanyaan2 yg menarik dan nmenjadi pemikiran bagi saya. salah satu contohnya di tiga kecamatan selalu menanyakan bagaimana dengan nasib kader? menurut saya pertanyaan ini pula lah yg paling sulit sy jawab. bukan karena tidak tahu jawabannya, tapi karena jawaban dr pertanyaan yg telah bertahun2 ditanyakan oleh kader ini belum bisa dibuktikan KEBENARAN jawabannya.
ibarat pepatah “patah lidah” itulah yg saya rasakan. disatu sisi saya tidak berani lagi menjawab dengan memberikan harapan akan perbaikan kesejahteraan kader. tp disisi lain sy juga tidak mau melemahkan kinerja/semangat kerja kader yg selama ini telah bekerja secara ikhlas.
apa lagi kegiatan desa siaga keberhasilannya yg sangat tergantung pada aktif nya kader.
sebenarnya saya tidak sependapat dengan konsep desa siaga yg mengahruskan kader hadir setiap hari diposkesdes. yang menjadi pertanyaan saya apa kegiatan kader setiap hari de poskesdes? bukankah petugas kesehatan saja yg sudah jelkas2 tupoksinya dipustu, tidak bertugas kalau tidak ada pasien.
kalau alasannya karena ingin mendekatkan pelayanan kader pada masyarakat toh kader itu juga diambil dr masyarakt dan telah tinggal ditengah2 masyarakat dan setiap saat dapat dihubungi oleh masyarakat. mau sedekat apa lagi? kalau alasan nanti kader akan di berikan insentif, mau diberikan berapa? apa sanggup pemerintah membayar sesuai dengan UMR?
menurut saya kader tidak usah diwajibkan untuk ada setiap hari di poskesdes, cukuplah mereka ada diposkesdes hanya pada hari2 tertentu saja, seperti seminggu sekali ataupun sebulan sekali sesuai dengan kondisi desa masing-masing.


Aksi

Information

2 responses

17 05 2008
eko ratu perwira

kita dari dewan kesehatan rakyat propinsi jambi yanng mendapat mandat untuk membantu pemerintah dalam pengelolaan desa siaga. mulai dari pembantukan sampai dengan pelatihan dan kerja kader desa siaga. rencna pd tanggal 24 juni 2008 kami akan mengadakan wrokshop dan training kader desa siaga di ratu hotel yang dihadiri oleh ibu MENKES… ada baiknya kita gabung sama-sama karena untuk saat ini saya butuh koorditoor buat merangin.. ditunggu balasanya kalo berminat membantu kita

12 03 2009
phy

tyuz peran kader di desa siaga apa dunk?katanya penting!

Apa Komentar Anda

