Pengembangan Desa Siaga di Kabupaten Merangin Propvinsi Jambi

23 09 2007

PENGEMBANGAN DESA SIAGA DIKABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

Poskesdes adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/ menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa. UKBM yang sudah dikenal luas oleh masyarakat yaitu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Warung Obat Desa, Kelompok Pemakai Air, Arisan Jamban Keluarga dan lain-lain.g terus berkembang di Kabupaten Merangin, terutama masih tingginya angka kejadian penyakit yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan dan prilaku hidup yang tidak sehat, seperti ISPA dan TBC paru dan penyakit infeksi lainya. Sedangkan penyakit lainnya yang akut dan berpotensi menjadi Kejadian Luar biasa (KLB) seperti Polio, dan Diare serta Gizi buruk pada balita masih menjadi ancaman. Disamping itu masih tingginya angka pravalensi penyakit kusta merupakan permasalahan khusus yang ada di kabupaten merangin, Menyikapi kondisi tersebut sejogjanyalah pemerintah kabupaten merangin mendudukung dengan sepenuhnya upaya pembangunan kesehatan strategis oleh pemerintah diantaranya adalah DESA SIAGA.

Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemandirian serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan secara mandiri.
Sebuah desa dikatakan menjadi desa siaga apabila desa tersebut telah memiliki sekurang-kurangnya sebuah Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang terdiri dari seorang bidan dan minimal dua orang kader aktif. Dengan demikian jelaslah peranan seorang bidan dalam pengembangan desa siaga sangat penting.

Dinas Kesehatan Kabupaten merangin terus melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, disamping menempatkan tenaga kesehatan secara marata sampai kepelosok desa, dilanjutkan dengan dengan mendorong terbentuknya polindes (Poliklinik Kesehatan Desa) serta poskesdes, baik dengan membangun baru maupun dengan meningkatkan kondisi polindes yang telah ada dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan, terutama untuk masyarakat yang tinggal di pedesaan. Pada tahun 2007 ini saja telah dibangun sebanyak 20 unit poskesdes baru, beserta dengan peralatan medis yang telah memenuhi standard kopetensinya.
Menyadari keterbatasan kemampuan pemerintah daerah kabupaten merangin baik dari segi upaya maupun sumberdaya, dipandang perlu untuk menumbuhkan sikap kepedulian dan gotong royong masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah melalui Desa Siaga.

Pemerintah telah menetapkan empat strategi dalam mewujudkan visi masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat, yaitu:
1. menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat,
2. meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bekualitas,
3. meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi kesehatan, serta
4. meningkatkan system pembiayan kesehatan.

Desa siaga merupakan salah satu sasaran dari tiga sasaran strategi pertama, dimana pada akhir tahun 2007 ini, lebih dari 50% desa di kabupaten merangin ditargetkan telah menjadi desa siaga dan pada akhir 2008 semua desa dikabupaten merangin telah menjadi desa siaga.

Kegiatan desa siaga di Kabupaten Merangin
dalam rangka pengembangan desa siaga di kabupaten merangin, serta untuk dapat menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa, Poskesdes memiliki kegiatan pokok antara lain:
1. Pengamatan epidemiologi sederhana terhadap penyakit terutama penyakit menular yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Faktor resikonya termasuk status gizi serta kesehatan ibu hamil yang beresiko.
2. penanggulangan penyakit, terutama penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan KLB serta faktor resikonya termasuk kurang gizi.
3. Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan kesehatan,
4. Pelayanan medis dasar sesuai kompetensinya.

Untuk pengembangan kegiatan desa siaga dikabupaten merangin selain kegiatan pokok tersebut juga dilaksanakan kegiatan tambahan yang sesuai dengan kondisi dan potensi desa masing masing antara lain, digerakkan promosi kesehatn untuk peningkatan keluarga sadar gizi, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), peningkatan kelompok dana sehat, kelompok pendonor darah, pemeriksaan golongan darah dengan swadaya masyarakat, penyediaan ambulan desa, arisan jamban keluarga dalam upaya penyehatan lingkungan dan lain lain.
Dengan demikian keberadaan Poskesdes diharapkan berperan selaian dari tempat pelayanan kesehatan dasar juga sebagai Pusat pengembangan atau revitalisasi berbagai UKBM yang ada di masyarakat desa.

Pihak yang terlibat dalam pengembangan desa siaga
Semua unsur dalam masyarakat secara otomatis terlibat dalam kegiatan Desa Siaga, dengan demikian desa siaga tidak akan berhasil jika hanya mengharapkan dari piha kesehatan saja, ataupun dari pemerintah saja tampa dukungan masyarakat secara umum, namun demikian tentu ada pihak yang paling berperan dalam pembentukan desa siaga tersebut antara lain:
1. Bidan di Desa sebagai fasilitator desa
2. Kepala Desa serta aparat desa
3. Ketua BPD dan anggota
4. Tim Pengerak PKK desa
5. Kepala Dusun
6. Tokoh Masyarakat, agama dan tokoh pemuda
7. Guru
8. kader (baik Kader posyandu maupun kader PKK)
Unsur-unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang bekerja dalam tim untuk mewujudkan dan memelihara kesinambungan Desa Siaga.

Kelembagaan Desa Siaga
Di tingkat kabupaten merangin pengembangan desa siaga dikelola oleh sebuah tim yang bernama Farum Desa Siaga Kabupaten Merangin yang ditugaskan berdasarkan SK Bupati Merangin. Anggotanya terdiri dari setiap dinas/instansi yang terlibat dalam pembangunan kesehatan, seperti Bappeda, Dinas PU, Dinas PM-kesos, Dinas Pendidikan, BKKBN, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, dinas perindutrian dan Kantor Peternakan. Sedangkan untuk kegiatan pengembangan di lintas program kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin telah membentuk Tim Pengembangan Desa Siaga Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin.
Pada tingkat kecamatan juga dibentuk sebuah Forum Pengembangan Desa Siaga Tingkat Kecamatan.


Aksi

Information

2 responses

12 04 2009
abdul katar

ass…
ni blog orang dusun mau numpang singgah…bloh kan bang!!!!

8 05 2011
FAKTOR SUKSES MENUJU DESA SIAGA | khusnulimaroh180589

[…] Pengembangan Desa Siaga di Kabupaten Merangin PropvinsiĀ Jambi […]

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: