Peningkatan Sistem Informasi dan Manajemen Kesehatan

2 09 2007

MENINGKATKAN SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN KESEHATAN

Dasar-dasar
Perkembangan Sistem Informasi Dan Manajemen Kesehatan (simkes) selalu bergerak maju. Kemajuan tersebut bergerak secara dinamis dimana pimpinan dan staf berusaha keras melakukan perbaikan yang tetap.

Langkah langkah

1. Tinjau kembali hasil monitoring dan evaluasi kegiatan yang diselenggarakan oleh sistem informasi dan manajemen kesehatan dalam tahun tahun terakhir
2. Identifikasi aspek aspek yang sistem informasi dan manajemen kesehatan butuhkan untuk pengembangan selanjutnya dalam memfasilitasi penggunaan system inti. Pertanyaan pokok yg hrs dijawab adalah “ dimana langkah kita selanjutnya ?”
• Meningkatkan dan prosedur pelembagaan untuk menjamin pengendalian kualitas data .
• Mengembangkan kemampuan untuk memimpin studi istimewa dan contoh survey.
• Menentukan/memastikan pengkoordinasian mekanisme untuk horizontal penggunaan data yg dihasilkan/dibangkitkan dari program vertical.
• Menyusun / membuat sector inter dan intra yang menghubungkan antara unit unit yg terlibat dalam perbedaan aspek2 aspek sistem informasi dan manajemen kesehatan
• Menyatukan dan mengkoordinasikan inisiatif dr sector sector dan agen agen pendanaan yg terlibat dalam kegiatan yg berhubungan dengan sistem informasi dan manajemen kesehatan.
3. Identifikasikan sumber sumber yg dibutuhkan untuk mengimplementasikan pilihan pilihan yg berbeda untuk meningkatkan sistem informasi dan manajemen kesehatan . ini seharusnya termasuk jenis yg spesifik dalam sumber sumber bagi masing masing kegiatan perluasan , anggaran yg dibutuhkan/syaratkan (jika ada), dan sumber sumber yg dipertimbangkan utk mendukung masing jenis sumber yg dibutuhkan.
4. Prioritaskan perbedaan pilihan menurut tingkatan dan kebutuhan yg mendesak, dan ketersediaan sumber sumber bagi implementasi yg tepat.
5. Persiapkan daftar waktu/jam utk mengimplementasikan perbedaan kegiataan untuk perluasan sistem informasi dan manajemen kesehatan
6. pimpin perbedaan kegiatan yg dibutuhkan untuk mengimplementasikan peningkatan sistem informasi dan manajemen kesehatan yg dipertimbangkan.
7. monitor dan evaluasi pengaruh/akibat dari spek implementasi sistem informasi dan manajemen kesehatan yg baru.

POKOK BAHASAN
1. menyokong minat/kepentingan antara perbedaan stakeholder utk pengembangan yg berlanjut dalam sistem informasi dan manajemen kesehatan.
2. bangkitkan sumber sumber utk mendukung perbedaan kegiatan utk peningkatan system.
3. koordinasikan kegiatan dr perbedaan agen donor utk mengurangi perkembangbiakan kumpulan bentuk data dan duplikasi usaha-usaha dalam area yg berhubungan dng perkembangan sistem informasi dan manajemen kesehatan.
4. Pastikan kelanjutan badan/komite utk mengawasi/menjaga sistem informasi dan manajemen kesehatan setelah tahap pengujian percobaan.


Aksi

Information

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: